Praktek Bareng Nasi Uduk + Kering Kentang

Monday, March 12, 2007

Ini nieh kalau pengen tau cara pembuatan Kering kentang dan kering teri punya Alia Kitchen yang terkenal itu. Kering kentang yang crispy dan seger banget bumbunya...pas pokoknya! Acaranya dirumah Sang Master (Mbak Lia) di Ploso Timur 4/71, Surabaya.

Kemaren tuh NCCers Surabaya ngumpul lagi. Setelah dekor berbie bareng kali masak bareng. Yach itu tadi membedah alias buka rahasia dapur bikin kering kentang yang oks punya. Tetep sistem Potluck! Benernya peserta buanyak banget ampir 20 Orang tapi karena satu dua hal...akhirnya banyak yang gak ngikut.Kemaren yang ngikut ada Mbak Ary(Orang Punch yang seger), Mbak Nana(sambal goreng ati pete), Umi Ullia(ayam suwar suwir), Mbak Desy(Rolade ayam),Mbak Yuniar(puding coklat leci dengan Vla yang uenak), Sang Tuan Rumah (Nasi Uduk,Kering Kentang ma Sambel Teri ma kacang), Me(Tumis Kerang pete), Mbak WIta(Cake Casablanca).
Ternyata untuk kering kentang ini banyak tips2nya dan Mbak Lia gak pelit untuk membaginya. Dan baru tau juga, kalau teknik aduk balik tuh berlaku juga di kering kentang ini, agar bumbunya merata katanya. Ada beberapa faktor yang menetukan perataan bumbu ini, yaitu Gula,dan aduk rata. Gula ini yaitu pada saat bumbu dimasukkan lalu dikasih gula, itu nunggu ampe bumbu itu gak encer dan gak terlalu kental, bagaikan adonan tuh ..adonan yang berjejak. Karena kalau keenceran bisa menyebabkan kentangnya ntar cepet melempem karena kebanyakan cairan, kalau terlalu kesat nanti pas ngaduk, bumbunya gak merata tapi ngumpal.
Sedangkan untuk aduk rata nya adalah menggunkan tekhnik aduk balik tadi, supaya antara kacang dan kentangnya bisa terkena bumbu dengan merata.

Faktor terakhir adalah sutilnya! hehehehe, asli..naksir banget ma sutil segitiganya Mbak Lia.
Berikut Neny sertakan foto2nya kemaren yach.....


Ini hasil Masak bareng.
Dari Ki-Ka : Nasi Uduk, Sambel Teri Kacang, Kering Kentang, Ayam Suwir, Sambel Goreng Ati, Rollade Ayam dan Tumis Kerang Campur Pete.
Terakhir : Orange Punch, Puding Coklat Leci Vla Vanila.
Untuk Resep Potluck ku :
Tumis Kerang Campur Pete
Receipe : My Mom
Bahan :
Kerang
Udang ( Digoreng dulu yach..)
Ikan Asin (Klothok)
Daging (iris kotak2 kecil)
Pete (dibelah 2)

Bumbu :
Bawang merah
Bawang putih
Bawang daun
Cabe Hijau
Cabai kecil, bila ingin puedes dibanyakin
Ale (Kecambah kepalanya gede itu lhooo)
Laos
Garam
Minyak untuk menumis.

Caranya neh :
Udang digoreng dulu, daging di godok dulu biar empuk nggak ngelawan pas dimakan trus dipotong kecil2,ikan asinnya direndam dulu yach ma air leri biar gak asin banget lalu di suwir suwir. Bumbunya di alusin semua yach...terus ditumis ampe harum,masukkan kerangnya sampai sat ya..alias gak ngeluarkan air lagi..karena kerang ini kalau dimasak akan mengeluarkan air...terus baru deh cemplungin yang lainnya2. Terakhir petainya.
dan taburin bawang goreng diatasnya...sajikan.

Selamat Mencoba.....

0 comments:

Nens Cake Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino